Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Pembahasan Mengenai Web Intranet

iklan1

Web intranet merupakan salah satu bagian penting dari jaringan intranet karena didalamnya terdapat berbagai macam informasi, data, dan aplikasi yang sangat penting bagi perusahaan, bahkan sebagian besar berisi informasi dan data yang bersifat rahasia intenal perusahaan. Web intranet hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang berkepentingan saja (stakeholder) atau orang-orang yang memiliki akses masuk (authorized). Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas mengenai web intranet secara mendalam, silahkan disimak.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/ftosete/5983980278/

Apa Itu Web Intranet?

Web Intranet atau website intranet adalah halaman yang berisikan informasi dan data yang berada didalam jaringan intranet. untuk bisa mendapatkan informasi dan data tersebut, pengguna harus mengisi id, password, atau sejenisnya agar teridentifikasi sebagai orang-orang yang memiliki otoritas untuk bisa masuk kedalam jaringan. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki otoritas untuk memasuki jaringan intranet antara lain adalah anggota, karyawan, manajer, konsumen, komunitas, supplier, dan lain-lain. 

Web intranet juga biasa disebut portal intranet yang merupakan "pintu masuk" kepada akses jaringan intranet. Seperti yang suda disebutkan sebelumnya bahwa untuk masuk kedalam jaringan, pengguna harus memasukan id, password atau sejenisnya agar terindikasi sebagai orang yang memiliki otoritas. hal ini bertujuan untuk membuat jaringan intranet lebih aman sehingga bisa meminimalisasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian informasi dan data internal perusahaan.

Web intranet ini sudah banyak digunakan oleh berbagai organisasi, utamanya adalah perusahaan-perusahaan menengah hingga besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Hal ini dikarenakan intranet memiliki banyak kelebihan-kelebihan yang bermanfaat bagi organisasi-organisasi tersebut, dan inilah beberapa kelebihan intranet (bagi perusahaan):
  • Intranet membantu dan mendukung perusahaan dalam hal meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri. Ini jelas akan menguntungkan perusahaan dimana salah satu tujuannya adalah tumbuh dan berkembang.
  • Intranet membantu perusahaan membina hubungan yang lebih baik dengan konsumen melalui program-program yang menampung dan merespon tanggapan atas keluhan dan kebutuhan para pelanggannya (konsumen).
  • Intranet membantu perusahaan dalam hal menghemat biaya pengeluaran (efisiensi), hal ini dikarenakan intranet membuat kebutuhan akan kolaborasi, arus informasi, dan konekstivitas dalam perusahaan menjadi lebih murah.
  • Intranet mendukung akses informasi dari dan ke internet sehingga para karyawan bisa memperoleh informasi yang lebih luas lagi. Ini jelas akan mempermudah karyawan dalam menyelesaikan berbagai macam perkerjaannya.
Pembahasan diatas adalah mengenai web intranet yang biasa terdapat didalam jaringan intranet perusahaan-perusahaan. Keberadaan web intranet memberikan dampak yang positif bagi perusahaan, untuk itu diharapkan perusahaan dapat mengoptimalkan web intranet. Tidak Ada salahnya juga jika User Interface (tampilan) dari web intranet didesain semenarik mungkin agar terlihat lebih "cantik" dan mempermudah pengguna mengoperasikannya.

Pembahasan Mengenai Web Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment