Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet

iklan1

Sebagai sebuah teknologi, tentu terdapat keuntungan dan kerugian dalam penggunaan intranet. Keuntungan ini utamanya dirasakan oleh banyak perusahaan dan juga instansi yang menggunakan jaringan intranet didalam proses bisnisnya. Kerugiannya juga tentu ada, akan tetapi hal ini seharusnya bisa diminimalisir dengan evaluasi yang bersifat internal. Dan inilah beberapa keuntungan dan kerugian intranet:

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/25730976@N06/6356811909/

Definisi Intranet Secara Umum


Sebelum membahas keuntungan dan kerugian penggunaan jaringan intranet, ada baiknya kita definisikan intranet terlebih dahulu. Secara umum intranet didefinisikan sebagai jaringan probadi yang biasanya digunakan dalam suatu perusahaan. Biasanya intranet terdiri dari berbagai LAN (Local Area Network) ataupun WAN (Wide Area Network) dan juga bisa tersambung dengan koneksi internet. Tujuan utama intranet adalah sebagai media berbagi informasi dan data diantara para karyawan didalam suatu perusahaan.

Keuntungan Penggunaan Intranet

Perusahaan yang menerapkan teknologi jaringan intranet didalam perusahaannya tentu mendapatkan banyak keuntungan, utamanya adalah untuk mempermudah proses komunikasi didalam menjalankan roda bisnisnya. Dan inilah beberapa keuntungan penggunaan intranet bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut:
  • Media komunikasi yang efektif dan efisien, intranet tidak hanya membuat jalur komunikasi internal perusahaan menjadi lebih mudah, melainkan juga menjadi efektif dan efisies dengan berbagai macam aplikasi yang ada pada intranet.
  • Meningkatkan kerja sama tim, intranet sudah terbukti mampu meningkatkan kolaborasi antara direktur, manajemen dan para karyawan didalam suatu perusahaan untuk mengerjakan berbagai macam proyek secara optimal.
  • Mengurangi biaya pengeluaran, intranet telah merubah gaya komunikasi tertulis yang tadinya didominasi dengan menggunakan kertas menjadi berbasis web seperti pengumumam, surat perintah, dan lain-lainnya.
  • Efektifitas waktu, komunikasi dengan menggunakan intranet lebih menghemat sehingga waktu-waktu tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan tugas lainnya. Aplikasi intranet membantu perusahaan dalam mengefektifkan waktu.
  • Keamanan, memang tidak ada satu teknologi yang dapat memberikan jaminan 100% akan keamanan akan tetapi intranet memiliki keunggulan dari segi keamanan dibandingkan dengan teknologi jaringan lain seperti internet, dll.

Kerugian Penggunaan Intranet

Tak ada gading yang tak retak, itulah ungkapan yang pantas untuk intranet. Selain memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan, intranet juga bisa mendatangkan kerugian bagi para penggunanya. Dan inilah kerugian-kerugian yang bisa dialami oleh pengguna intranet, antara lain adalah:
  • Perlu pembiayaan yang besar, membanguan sebuah jaringan intranet tentu perlu dana yang tidak sedikit, selain itu diperlukan juga dana untuk perawatan dan perbaikan jaringan intranet yang harus dikeluarkan secara periodikal.
  • Pembiayaan faktor-faktor pendukung, untuk melatih para karyawan agar bisa menggunakan jaringan intranet serta aplikasinya diperlukan pelatihan dan tenaga ahli, untuk itu perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan.
  • Membutuhkan resource yang besar, membangun jaringan intranet diperlukan resource yang melimpah agar kelak komunikasi bisa dilakukan dengan lancar. Untuk itu tentu diperlukan tenaga, waktu, dan juga biaya yang tidak sedikit.
  • Masalah keamanan, intranet tidak bisa menjamian informasi dan data intrenal perusahaan 100% aman, masih ada kemungkinan masuknya orang-orang yang tidak memiliki otoritas dan bisa mencuri informasi dan data tersebut. 
  • Miscommunication dan Misunderstanding, intranet menitikberatkan komunikasi secara tertulis sehingga bisa saja terjadi salah komunikasi dan salah paham. Ini akan membuat banyak waktu dan energi terbuang percuma.
Nah itulah tadi pembahasan mengenai keuntungan dan kerugian penggunaan intranet. Diharapkan perusahaan-perusahaan bisa memanfaatkan secara optimal kehadiran intranet ini serta bisa meminimalisir kemungkinan kerugian yang juga bisa melanda perusahaan.

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment