Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Macam-macam Perangkat Keras Intranet

iklan1

Perangkat keras intranet atau yang dalam bahasa inggris disebut intranet hardware merupakan media yang digunakan untuk membangun jaringan intranet agar dapat mengkoneksikan berbagai macam komputer didalam suatu organisasi. Keberadaan perangkat keras ini sangat vital sekali, artinya jika tidak ada tentu jaringan intranet tidak dapat berjalan. Dan inilah berbagai macam perangkat keras intranet yang dibutuhkan untuk membangun jaringan tersebut, antara lain:

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/irlcorporate/3347267048/

1. Komputer
Komputer ini adalah bagian terpenting dari sebuah jaringan intranet, karena jaringan intranet menghubungkan komputer-komputer yang ada. Komputer yang digunakan setidaknya dapat memenuhi persyaratan minimal untuk dapat terkoneksi dengan intranet seperti Processor Pentium III, RAM 64 MB, HardDisk 10GB, VGA 4MB dan monitor yang kompatibel. Dalam jaringan intranet, komputer terbagi menjadi dua, yaitu client dan server. 

2. NIC (Network Interface Card)
Kartu jaringan atau yang biasa disebut dengan NIC (Network Intreface Card) adalah perangkat yang dapat menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Di pasaran, perangkat fungsional ini biasa juga disebut lancard atau cardlan. Kartu jaringan ini ditempatkan disalah satu slot yang ada di motherboard (mainboard) komputer. 

3. Kabel Jaringan
Komponen terpenting lainnya dalam membangun sebuah jaringan (dalam hal ini adalah intranet) adalah kabel jaringan. Kabel jaringan digunakan sebagai media transmisi antara satu komputer dengan komputer lainnya. Ada banyak macam-macam kabel jaringan yang ada dipasaran seperti kabel coaxial, kabel twisted pair dan kaber serat optik. Ketiga kabel tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4. Konektor Kabel
Konektor kabel adalah media yang menghubungkan kabel dengan port yang ada dikomputer. Walaupun ukurannya kecil, perangkat ini sangat penting. Konektor yang biasa dikenal adalah RJ45 yang biasa digunakan untuk menghubungkan kabel UTP dan RJ11 yang biasa digunakan pada jaringan internet untuk menghubungkan modem ke komputer dengan jaringan telepon.

5. Hub
Perangkat keras lainnya yang memiliki peranan penting didalam jaringan intranet adalah hub. Dari namanya saja kita sudah biasa mengira-ngira apa fungsi dari hub tersebut? Ya hub berfungsi sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya, bisa server dengan client atau bisa juga client dengan client saja, hal ini tergantung dari kebutuhan suatu organisasi dalam menerapkan jaringan intranet.

6. Bridge dan Switch
Perangkat lainnya yang umum digunakan dalam teknologi jaringan intranet adalah bridge dan switch. Brigde dan switch ini memiiki fungsi yang sama, yaitu menghubungkan berbagai macam jenis jaringan yang berbeda. Akan tetapi switch memiliki fungsi yang lebih ketimbang bridge karena switch merupakan pengembangan dari bridge dengan konsep cut through dan store and forwardnya. 

7. Router
Komponen lain yang tidak kalah pentingnya dalam penerapan jaringan intranet adalah router. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Jaringan yang dimaksud bisa berupa jaringan intranet (LAN, WAN, atau MAN) ataupun internet. Jika melihat dari fungsinya, router ini memiliki kesamaan dengan hub, bridge dan switch. 

8. Repeater
Terakhir, bagian yang penting lainnya dalam jaringan intranet adalah repeater. Perangkat ini berfungsi untuk memperkuat sinyal yang ditransmisikan dari satu komputer ke komputer lainnya. Sebagai gambaran, sinyal yang dikirim akan mengalami pelemahan selama ditransmisikan, nah fungsi repeater adalah untuk mengembalikan sinyal yang ditransmisikan kepada konsisi semula (awal).

Itulah pembahasan mengenai macam-macam perangkat keras intranet beserta fungsinya. Beberapa komponen yang disebutkan diatas sangatlah penting, artinya intranet tersebut tidak akan berfungsi jika tidak ada komponen tersebut seperti komputer, NIC, kabel jaringan, konektor kabel, dan juga hub. Sedangkan perangkat keras lainnya adalah faktor pendukung seperti bridge, switch, router dan juga repeater.

Macam-macam Perangkat Keras Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment