Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Intranet

iklan1

Sama seperti teknologi jaringan lainnya, intranet pun memiliki dampak positif dan juga negatif. Dampak positif intranet ini seharusnya bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh para penggunanya seperti perusahaan dan juga instansi. Dampak negatif intranet juga seharunya bisa kita minimalisir sehingga tidak ada lagi miscommunication dan misunderstanding didalam kelangsungan hidup organisasi tersebut. Dan inilah pembahasan seputar dampak positif dan juga negatif dari penggunaan jaringan intranet.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/iks_project/6328448585/

Dampak Positif Intranet

Sejak terciptanya diawal 1990-an, intranet telah memberikan banyak dampak positif bagi organisasi yang menggunakannya. Dan inilah beberapa dampak positif dari jaringan intranet tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Intranet mendukung aliran komunikasi internal organisasi secara cepat dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia pada intranet seperti search engine, news group, mailing list, dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.
  • Media komunikasi yang efektif diinternal perusahaan, baik antara karyawan dengan karyawan, karyawan dengan manajer, manajer dengan direktur, sehingga dapat menciptakan iklim yang kondusif didalam perusahaan.
  • Informasi yang terkirim melalui jaringan intranet umumnya sama dan seragam, ini dapat meminimalisir terjadinya misunderstanding (kesalahpahaman) antara karyawan dalam mengartikan sebuah informasi.
  • Akses ke jaringan intranet itu mudah, untuk orang-orang dalam perusahaan yang memiliki otoritas masuk jaringan intranet akan mudah untuk melakukannya karena intranet didesain easy to use untuk para penggunanya.
  • Dapat meningkatkan produktifitas kerja karyawan dalam perusahaan, intranet dapat memudahkan karyawan dalam menjalankan tugasnya sehingga produktifitas karyawan dalam perusahaan bisa ditingkatkan.
  • Mengurangi biaya pengeluaran perusahaan, intranet merubah komunikasi tertulis dalam bentuk kertas ke bentuk media (seperti webpages, e-mail, mailinglist, dll). Hal ini tentu menghemat biaya pembelian kertas.
  • Meningkatkan kerjasama tim didalam perusahaan, intranet memungkinkan dan mempermudah menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Kerjasama tim yang baik akan menguntungkan perusahaan.

Dampak Negatif Intranet

Seperti dua sisi uang koin, intrenet tidak hanya memberikan dampat positif saja melainkan juga dampak negatifnya bagi organisasi yang menerapkannya. Dan inilah beberapa dampak negatif dari intranet antara lain adalah:
  • Kemungkinan terjadinya overload (penumpukan data), ini jelas akan merugikan perusahaan karena akan menghambat proses komunikasi internal perusahaan dan juga perlu biaya tambahan untuk perbaikan server.
  • Tidak ada jaminan 100% akan aman, kemungkina terjadinya pencurian data dan informasi yang sifatnya rahasia perusahaan bisa saja terjadi karena tak ada satupun teknologi yang menjamin keamanan penuh.
  • Terjadinya miscommunication (salah persepsi) dan misunderstanding (salah paham), hal ini kemungkinan bisa sering terjadi karena hampir seluruh aplikasi yang ada diintranet itu bersifat tertulis (nonverbal). 
  • Informasi yang salah atau tidak sesuai, kesalahan sedikit saja bisa berdampak fatal bagi perusahaan termasuk informasinya. Hal ini dikarenakan perusahaan akan sulit untuk mengkoreksi informasi yang tersebar luas.
  • Munculnya orang-orang yang tidak bertanggung jawab, hal tersebut kemungkinan besar bisa terjadi karena teknologi apapun tidak bisa menjamin keamanan secara penuh, pasti ada celah yang masih bisa disusupi.
  • Biaya tambahan untuk menghire tenaga ahli, agar para karyawan dapat menjalankan aplikasi-aplikasi intranet secara baik dan benar tentu dibutuhkan pelatihan dan arahan tenaga ahli, dan itu tentu perlu biaya yang besar.
  • Biaya tambahan untuk mengadakan pelatihan khusus intranet, perusahaan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit agar para karyawannya tidak gagap teknologi (gaptek) dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi intranet.
Nah itulah pembahasan mengenai dampak positif dan negatif dari penggunaan intranet dalam suatu organisasi, khususnya untuk perusahaan. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi dan masukan bagi perusahaan-perusahaan yang hendak mengaplikasikan jaringan intranet didalam perusahaannya.

Dampak Positif dan Negatif Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments: