Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Manfaat Intranet Bagi Perusahaan

iklan1

Manfaat intranet telah banyak dirasakan perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Bagi perusahaan, teknologi jaringan intranet mempermudah proses pencapaian tujuan perusahaan. Terciptanya intranet didasari atas kesadaran beberapa pihak atas kehandalan dan potensi dari internet jika digunakan didalam ruangan (dalam hal ini disebut intranet). Dan benar saja, kehadiran teknologi tersebut memberikan manfaat besar dan dampak yang positif pagi perusahaan. Dan inilah beberapa manfaat intranet bagi perusahaan yang menggunakannya:

Intranet Perusahaan
Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/brassplayer/4276863527/

1. Media Komunikasi
Fungsi utama intranet adalah sebagai media komunikasi antara stakeholder dalam sebuah perusahaan, bisa karyawan dengan karyawan, manajer dengan karyawan, direktur dengan manajer, dan sebagainya. Intranet menyediakan aplikasi yang memungkinkan kita berkomunikasi secara dua arah seperti : layanan chatting, e-mail, bulletin boards, newsgroups, dan masih banyak lagi. Dengan hal tersebut diharapkan komunikasi akan berjalan dengan baik sehingga bisa terjalin kerjasama tim yang baik pula.

2. Meningkatkan Produktifitas Perusahaan
Ya memang benar bahwa penerapan teknologi jaringan intranet berdampak positif terhadap peningkatan produktivitas perusahaan. Sebagai gambaran, karyawan dapat mengerjakan berbagai jenis tugas dengan tanggung jawab penuh dari meja karyawan tersebut karena informasi yang dibutuhkan bisa segera didapatkan dengan mengakses jaringan intranetnya. Banyangkan jika perusahaan harus kesana kemari (tanpa intranet) untuk mencari informasi yang dibutuhkan, itu tidak produktif bukan?

3. Menghemat Waktu
Penerapan intranet berdampak positif bagi perusahaan, salah satunya perusahaan dapat menghemat waktu. Menghemat waktu dilakukan dengan interaksi melalui aplikasi intranet (misal layanan chatting) ketimbang bertemu langsung. Tentu ini pertanda baik bagi perusahaan karena waktu yang dihemat bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas lainnya. Semakin perusahaan bisa menghemat waktu dan digunakan dengan sebaik-baiknya, maka perusahaan tersebut dapat meningkatkan produktifitasnya. 

4. Menghemat Biaya
Salah satu manfaat lainnya dari penggunaan intranet adalah efisien alias hemat biaya. Seperti yang kita ketahui bahwa pembuatan jaringan intranet lebih terjangkau ketimbang pembuatan jaringan pribadi lainnya. Selain itu, dengan intranet perusahaan bisa menghemat banyak kertas. Sebagai contoh, perusahaan akan memerlukan biaya besar jika mempublikasi informasi dengan kertas, bandingkan dengan jika perusahaan mempublikasikannya melalui jaringan intranet dengan menggunakan web pages.

5. Meningkatkan Kerjasama Tim
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya intranet adalah media penghubung antara orang-orang yang berkepentingan (karyawan, manajer, direktur, dll) didalam perusahaan untuk saling berhubungan dan berbagi informasi. Dengan intranet, para karywan dapat mengakses data dan juga membentuk tim kerja. Hal itu menjadikan tugas-tugas bisa dikerjakan secara bersama-sama dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini tentu yang diharapkapkan perusahaan, yaitu kerjasama tim yang bagus.

Itulah lima manfaat internet yang banyak dirasakan oleh perusahaan yang menggunakannya. Sebenarnya ada banyak manfaat yang diberikan intranet, akan tetapi lima manfaat itulah yang umum. Ketahuilah bahwa, intranet bukan hanya suatu media komunikasi akan tetapi juga media perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya. 

Manfaat Intranet Bagi Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment