Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Intranet Adalah Teknologi Penting Bagi Perusahaan

iklan1

Nampaknya tidaklah berlebihan jika intranet adalah salah satu teknologi penting yang seharusnya dimiliki perusahaan. Dewasa ini banyak sekali perusahaan baik dalam maupun luar negeri yang menerapkan teknologi jaringan intranet sebagai media pendukung operasi bisnisnya. Bagaimana tidak? intranet ini memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan, umumnya sebagai media komunikasi internal. 

Contoh Jaringan Intranet
Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/philmanker/3590222716/


Kapan Mulanya Intranet Digunakan Perusahaan?

Penerapan intranet dilingkungan organisasi seperti perusahaan / instansi muncul seiring dengan popularitas dan perkembangan internet dimasyarakat. Menyadari betapa hebat dan potensialnya teknologi tersebut, maka beberapa pakar IT mencoba menerapkan "internet" dalam ruang lingkup yang lebih sempit. Seperti gayung bersambut, banyak perusahaan yang menerapkan teknologi jaringan ini karena banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan terutama masalah keamanan (lebih aman daripada jaringan internet).

Memangnya, Apa Kelebihan Intranet?

Sebelumnya, banyak perusahaan yang menggunakan jaringan LAN (Local Access Network) konvensional sebagai jaringan internal perusahaannya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu muncul intranet yang memiliki banyak kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan jaringan pendahulunya, dan kelebihan-kelebihan intranet tersebut antara lain adalah:
  • Memiliki user interface website (webpages) yang menarik dengan dukungan grafis dan multimedia (seperti gambar dan video).
  • Dukungan dari fasilitas-fasilitas standar yang bisa dijumpai di jaringan internet seperti email, FTP, telnet, rlogin, SMNP, dan lainnya.
  • Dukungan dari aplikasi-aplikasi seperti search engine, mailing list, newsgroup, bulletin board, arcie, gopher, wais, dan aplikasi lainnya.
  • Mendukung berbagai macam bentuk script programming seperti CGI, Pearl, Visual Basic, C, Java dan lain-lain.
  • Beberapa perangkat lunak yang populer sudah mendukung dan kompatible dengan intranet seperti FoxPro, SQL, dan Oracle.
  • Teknologi-teknologi yang sebelumnya dijumpai dijaringan LAN terus dikembangkan seperti database management, sharing resource, peripheral, dll.

Manfaat Teknologi Intranet

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi intranet banyak sekali memberikan manfaat bagi perusahaan. Peranan intranet sangat penting utamanya sebagai media komunikasi internal perusahaan. Selain itu, inilah beberapa manfaat dari penggunaan jaringan intranet bagi perusahaan, antara lain adalah sebagai berikut:
  • Berbagi informasi internal perusahaan.
  • Meningkatkan produktifitas kinerja dalam perusahaan.
  • Efektifitas waktu dalam bekerja.
  • Mengurangi jumlah biaya pengeluaran.
  • Meningkatkan kerja sama tim kerja.
  • Mendukung konektifitas dengan konsumen.
  • Mendukung hubungan baik dengan patner.
Nah itulah pembahasan mengenai intranet serta kelebihan dan manfaatnya bagi perusahaan. Dari pembahasan tersebut terlihat jelas bahwa intranet adalah teknologi jaringan yang penting diterapkan bagi perusahaan untuk mendukung setiap proses bisnis yang dijalankan perusahaan utamanya yang bersifat internal (dalam) perusahaan.

Intranet Adalah Teknologi Penting Bagi Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment