Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Intranet

iklan1

Sebagaimana teknologi lainnya, jaringan intranet juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihannya tentu semakin memudahkan kita dalam mengerjakan aktivitas keseharian, sedangkan kekurangnnya seharusnya dapat menjadi feedback agar teknologi jaringan ini semakin diperbaharui guna semakin mempermudah kita didalam bekerja. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa jaringan intranet banyak digunakan oleh perusahaan, hal tersebut dikarenakan beberapa alasan seperti:
  • Biaya lebih efisien, jaringan intranet sudah terbukti mampu menurunkan biaya untuk berbagi informasi didalam kolaborasi, alur kerja, serta koneksi.
  • Produktivitas kerja, perlu diketahui bahwa teknologi jaringan intranet mampu meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk perusahaan.
  • Layanan konsumen yang lebih baik, dengan intranet pelanggan (konsumen) mendapatkan tanggapan yang lebih baik seputar keluhannya ke perusahaan.
  • Banyak keuntungan lainnya, perkembangan teknologi internet sudah pasti berdampak positif bagi intranet juga perusahan yang menggunakannya.

Contoh Penerapan Internet dan Intranet
Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/striatic/3765063/

Kelebihan Intranet

Intranet merupakan perkembangan dari teknologi LAN (Local Area Network) yang bersifat konvensional. Teknologi jaringan ini tentu memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki teknologi jaringan pendahulunya, antara lain:
  • User Interface yang menarik dengan menggunakan teknologi berbasi web yang menitikberatkan pada grafis dan multimedia.
  • Memiliki fasilitas-fasilitas layaknya jaringan internet seperti email, FTP, Telnet, Rlogin, SMNP, dll yang dapat mempermudah aktivitas.
  • Tidak kalah dengan internet, intranet juga memiliki banyak aplikasi pendukung seperti search engine, mailing list, newsgroup, dll.
  • Intranet juga mendukung pengolahan basis data dengan menggunakan script program yang universal seperti CGI, Pearl, C, Java, Visual Basic, dll.
  • Mendukung integrasi basis data dan kompatibilitas dengan berbagai macam perangkat lunak yang telah ada seperti FoxPro, Oracle, SQL, dll.
  • Teknologi yang sebelumnya sudah ada di LAN terus diperbaharui seperti database management, distribution system, client server, sharing resources, dll
Nah itulah enam kelebihan yang dimiliki teknologi jaringan intranet dibandingkan dengan teknologi pendahulunya yaitu LAN konvensional. Meskipun demikian intranet hanyalah sebuah teknologi yang tentu memiliki kelemahan-kelemahan.

Kelemahan Intranet

Setelah membahas tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi jaringan intranet, sekalin kita membahas mengenai kelemahan-kelemahannya, antara lain sebagai berikut:
  • Meskipun teknologi intranet lebih murah dibandingkan teknologi jaringan pribadi lainnya, tetap saja diperlukan biaya tak sedikit untuk membangunnya.
  • Penerapan intranet memerlukan faktor pendukung seperti tenaga ahli yang memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk perusahaan.
  • Diperlukan training untuk para karyawan agar dapat menggunakan teknologi intranet secara baik dan benar termasuk fasilitas dan aplikasinya.
  • Kecanggihan intranet tentu berdampak kepada banyak resource yang digunakan sehingga diperlukan biaya lagi untuk membangun server yang handal.
  • Banyak aplikasi intranet yang mengandalkan komunikasi tertulis sehingga dimungkinkan terjadinya salah pengertian (missunderstanding).
  • Isu keamana merupakan concern tersendiri bagi teknologi ini, secanggih apapun teknologinya masih dimungkinkan terjadinya pencurian data. 
Nah itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurang intranet, layaknya teknologi lain yang ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihan intranet merupakan fasilitator bagi kita untuk mempermudah aktivitas bekerja sedangkan kelemahannya mengingatkan kita agar berhati-hati dalam menggunakan setiap teknologi yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment