Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Perbedaan Internet Dan Intranet

iklan1

Mungkin sebagian dari anda banyak yang bertanya-tanya apa perbedaan antara internet dan intranet? Secara penamaan, huruf yang digunakan juga hampir sama dan hanya berbeda satu huruf. Singkatnya, perbedaan kedua teknologi jaringan tersebut ada pada jangkauan, internet memiliki jangkauan yang lebih luas ketimbang intranet. Untuk mengetahui lebih jauh perbedaan internet dan intranet, mari simak tulisan ini.

Sumber Gambar : www.flickr.com/photos/72070913@N03/6509975511/

Apa Itu Internet?

Internet atau Interconnection Networking adalah teknologi jaringan yang dapat menghubungkan jutaan komputer diseluruh dunia. Teknologi jaringan internet menggunakan sistem yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Contol Protocol / Internet Protocol). Pada umumnya, orang-orang (di Indonesia) menggunakan jaringan intenet dengan menggunakan layanan dari Internet Service Provider yang bersifat komersial. 

Sebuah halaman dari situs populer About.com menuliskan bahwa internet merupakan jaringan publik yang sangat besar yang dapat menghubungkan banyak komputer yang tersebar diseluruh dunia. Internet dapat terkoneksi dengan berbagai macam perangkat keras seperti komputer, notebook, mainframe, handphone, GPS, dll. Kesemua itu saling terkoneksi untuk berbagi informasi, berita, data dan lainnya secara cuma-cuma.

Apa Itu Intranet?

Secara etimologi (bahasa) intranet berasal dari kata "intra" yang berarti "didalam" dan "net" atau "network" yang berarti "jaringan", dengan kata lain intranet berarti jaringan yang ada didalam (ruangan) seperti rumah, sekolah, kantor, dll. Perkembangan intranet tidak lepas dari popularitas internet, banyak organisasi yang menyadari berapa hebat dan potensialnya internet jika digunakan untuk kepentingan internal organisasi.

Situs Webopedia.com menuliskan bahwa intranet jaringan yang menggunakan teknologi (TCP/IP) yang digunakan oleh suatu organisasi. Pada umumnya teknologi ini hanya digunakan oleh perusahaan / instansi pemerintah, yang bisa mengaksesnya pun hanya anggota, karyawan, orang yang memiliki akses dalam organisasi tersebut. Sama seperti internet, intranet digunakan untuk berbagi informasi, berita, data dan lainnya.

Perbedaan Internet dan Intranet

Dari pengertian kedua teknologi jaringan yang telah dijelaskan sebelumnya sudah jelas bahwa terdapat perbedaan antara internet dan intranet. Secara general kita mengetahui bahwa internet memiliki jangkauan yang lebih luas (mendunia) daripada intranet. Akan tetapi perbedaannya tidak hanya seputar jangkauannya saja, dan inilah perbedaan lainnya mengenai kedua teknologi jaringan tersebut:

Internet
  • Bersifat publik (untuk kepentingan umum)
  • Pada umumnya digunakan oleh banyak orang
  • Dapat diakses oleh siapa saja
  • Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas
  • Merupakan kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN
Intranet
  • Bersifat pribadi (untuk kepentingan organisasi)
  • Pada umunya hanya digunakan dalam perusahaan
  • Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas
  • Informasi yang tersedia spesifik (untuk perusahaan)
  • Umumnya merupakan jaringan LAN, WAN atau MAN
Nah itulah lima perbedaan antara internet dan intranet yang membedakan kedua teknologi tersebut secara lebih jelas. Penggunaan internet atau intranet baiknya didasari atas suatu kebutuhan, karena keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, sebelum kita menerapkan salah satu dari dua teknolog tersebut, baiknya kita menggali informasi mengenai keduanya termasuk perbedaannya.

Perbedaan Internet Dan Intranet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

4 comments: