Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Apa Arti Intranet? Dan Apa Kepanjangannya?

iklan1

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya apa itu intranet? dan apa kepanjangan dari intranet? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering terlontar kepada praktisi-praktisi IT yang tentu sudah kenal betul intranet luar dalam. Singkatnya intranet ini adalah sebuah teknologi jaringan yang digunakan untuk berbagi informasi dan data didalam suatu organisasi, umumnya adalah perusahaan atau instansi. Dan inilah pembahasan mengenai apa arti intranet? dan apa kepanjangannya? Silahkan disimak baik-baik.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/erikgstewart/9273337379/

Apa Arti Intranet?

Menurut etimologi (tata bahasa) intranet berasal dari kata "intra" yang berarti didalam dan kata "net" yang berarti network atau jaringan. Sehingga kalau dijadikan satu "intranet" berarti bisa diartikan sebagai jaringan yang berada didalam ruangan, seperti rumah, sekolah, kantor, dan lainnya. Jaringan intranet yang ada umumnya berupa LAN (Local Access Network), MAN (Metropolitan Access Network) dan WAN (Wide Access Network).

Pada dasarnya intranet merupakan pengembangan dari jaringan LAN yang mengadopsi sistem jaringan internet sehingga memiliki banyak kelebihan. Dan inilah beberapa kelebihan intranet dibandingkan dengan jaringan LAN konvensional.
  • Tampilan web lebih menarik dengan grafis dan multimedia.
  • Dukungan fasilitas-fasilitas standar jaringan internet.
  • Memiliki aplikasi-aplikasi yang biasa dijumpai pada intrenet.
  • Operasi databasenya didukung oleh banyak script programming.
  • Didukung oleh berbagai macam perangkat lunak.
  • Fasilitas-fasilitas LAN sebelumnya tetap dipertahankan.

Apa Kepanjangan Intranet?

Intranet adalah kepanjangan dari intra dan net, "intra" berarti didalam dan "net" atau network yang berarti jaringan. sehingga intranet ini memiliki arti jaringan yang berada didalam ruangan, dengan artian jangkauannya lebih sempit dibandingkan dengan internet. 

intranet memberikan berbagai macam keuntungan para para penggunanya, umumnya adalah perusahaan menengah hingga besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Keuntungan dari penggunaan intranet antara lain meningkatkan produktifitas kerja, membangun kerja sama tim didalam organisasi, dan juga membina hubungan baik dengan stakeholder luar. Sedangkan kerugian yang bisa dialami dengan penggunaan jaringan intranet antara lain biaya yang tidak sedikit, kemungkinan terjadingan salah komunikasi dan salah paham, serta terjadinya pencurian data dan informasi perusahaan yang bersifat rahasia.

Nah itulah sedikit gambaran mengenai apa itu intranet? dan apa kepanjangan dari intranet? Pada dasarnya intranet hanyalah sebuah teknologi buatan manusia yang takan bisa sempurna (pasti ada saja kekurangannya). Keunggulannya harus bisa kita manfaatkan seoptimal mungkin sedangkan kelemahannya harus kita minimalisir.

Apa Arti Intranet? Dan Apa Kepanjangannya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment