Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Apa Itu Intranet? Seperti apa Contohnya?

iklan1

Sebagian dari anda tentu ada yang bertanya-tanya apa itu intranet? dan seperti apa contohnya? Singkatnya, intranet adalah sebuah teknologi jaringan yang digunakan dalam suatu organisasi untuk berbagi informasi yang sifatnya internal. Umumnya organisasi-organisasi yang menggunakan intranet adalah perusahaan dan instansi. Untuk mengetahui lebih dalam seputar intranet mari kita bahas apa itu intranet serta seperti apa contohnya.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/josephferris76/8359394602/

Apa Itu Intranet

Intranet diartikan sebagai teknologi jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain untuk berbagi informasi, data, berita dan lainnya didalam suatu organisasi (contohnya perusahaan atau instansi). Sama seperti internet, intranet pun menggunakan teknologi berbasis IP (Internet Protocol). Intranet tentu berbeda dengan internet, singkatnya perbedaan ini hanyalah sebatas jangkauannya saja, intranet memiliki jangkauan yang lebih pendek dibandingkan dengan internet.

Pada umumnya, intranet digunakan hanya untuk perusahaan-perusahaan, itu pun perusahaan-perusahaan berskala sedang hingga besar. Perusahaan kecil dan organisasi-organisasi lainnya masih belum memanfaatkan intranet, padahal manfaat teknologi jaringan intranet ini sangatlah besar, diantaranya adalah:
  • Meningkatkan produktifitas kerja dalam organisasi.
  • Media komunikasi yang efektif dan efisien.
  • Menghemat biaya pengeluaran organisasi tersebut.
  • Meningkatkan kerja sama tim dalam bekerja.
  • Membina hubungan dengan stakeholder diluar.

Contoh Intranet dalam Kehidupan

Contoh penerapan intranet bisa kita lihat didalam perusahaan-perusahaan berskala menengah hingga besar. Mereka memanfaatkan jaringan intranet didalam perusahaan mereka sebagai media komunikasi yang handal. Selain perusahaan, organisasi yang memanfaatkan teknologi intranet adalah instansi-instansi, khususnya dipemerintahan, kalau di Indonesia seperti Kementerian Industri (Kemenperin), Badan Perencanaan Pembanguan Nasional (Bappenas), serta instansi-instansi lainnya.

Mengingat betapa besar manfaat dari intranet, seharusnya lebih banyak lagi organisasi-organisasi yang menerapkan jaringan tersebut. Terlebih untuk instansi-instansi pemerintahan yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan negara. Gambarannya jika instansi pemerintah itu baik (kinerjanya produktif, efisien dalam biaya waktu dan tenaga, kerja sama tim baik, serta manjadi semakin kompetitif) karena dukungan dari intranet, tentu ini menjadi keuntungan besar bagi negara.

Pembahasan diatas adalah mengenai apa itu intranet dan contoh kongkritnya dalam kehidupan nyata. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penggunaan intranet hanya didominasi oleh instansi pemerintah, dan juga perusahaan sedang hingga besar. Besar harapan, kelak intranet ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh organisasi seperti organisasi nirlaba, lembaga swadaya masyrakat, organisasi kepemudaan, dan organisasi lainnya.

Apa Itu Intranet? Seperti apa Contohnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments: