Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Definisi Intranet Serta Fungsinya

iklan1

Secara singkat definisi intranet adalah jaringan yang digunakan secara internal dalam sebuah organisasi, biasanya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan maupun instansi-instansi. Fungsi utama intranet adalah sebagai media komunikasi yang dapat mempermudah setiap stakeholder didalam organisasi tersebut saling terkoneksi. Dan inilah pembahasan mengenai definisi intranet dan juga fungsinya bagi perusahaan.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/didak/477054612/

Definisi Intranet Secara Umum

Menurut PCMag.com, intranet didefinisikan sebagai jaringan yang berupa LAN (Local Area Network) yang disediakan hanya untuk karyawan perusahaan, dan biasanya yang memiliki jaringan ini hanyalah perusahaan berskala sedang dan besar saja. Meskipun intranet bisa terhubung ke internet, jaringan ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang memiliki otoritas saja. Umumnya intranet mempublikasi informasi-informasi internal perusahaan seperti kebijakan perusahaan, berita, jadwal, kartu kesehatan, asuransi, pelatihan, dll.

HCIData.info mendefinisikan intranet sebagai jaringan yang tidak bisa digunakan untuk orang-orang yang tidak memiliki otoritas. Jaringan intranet bisa terhubung ke jaringan internet, itu yang dinamakan ekstranet. Akan tetapi jaringan internet belum tentu bisa tersambung ke intranet, kecuali hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki otoritas saja. Secara sederhana, intranet bisa diartikan sebagai jaringan yang bisa mengkoneksikan beberapa komputer didalam suatu organisasi tanpa adanya jaringan internet

Fungsi Intranet Bagi Perusahaan

Intranet memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, utamanya adalah sebagai media komunikasi dan berbagi informasi diinternal perusahaan tersebut. Fungsi lainnya dari jaringan intranet antara lain adalah:
  • Membuat perusahaan tersebut semakin efisien, contohnya informasi-informasi seputar perusahaan tidak lagi dipublikasikan dengan kertas melainkan melalui web pages perusahaan, ini jelas akan menghemat pengeluaran untuk kertas.
  • Meningkatkan efektifitas kinerja didalam perusahaan, intranet membuat aliran komunikasi didalam perusahaan menjadi lebih mudah dan lancar, ini akan membuat proyek-proyek perusahaan menjadi lebih cepat diselesaikan.
  • Membentuk kerjasama tim yang handal, suatu pekerjaan bisa diselesaikan secara bersama-sama (tim), sehingga pekerjaan yang dilakukan akan lebih cepat diselesaikan dan juga membangun teamwork yang handal. 
  • Menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder luar perusahaan, perusahaan dapat berkomunikasi dan juga mendapatkan feedback (masukan) dari orang-orang luar perusahaan seperti komunitas, konsumen, supplier, dan lainnya.
  • Membangun perusahaan yang lebih kompetitif dan berdaya saing, intanet membuat perusahaan semakin efektif dan efisien, kerjasama tim menjadi handal, itu semua membuat perusahaan semakin kompetitif dan berdaya saing.
Itulah pembahasan mengenai definisi intranet serta fungsinya bagi sebuah perusahaan. Mengingat fungsinya yang begitu besar bagi perusahaan, seharusnya teknologi jaringan intranet ini bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan berskala besar dan sedang saja, melainkan juga perusahaan kecil dan juga start-up.

Definisi Intranet Serta Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment