Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Beberapa Persamaan Intranet dan Internet

iklan1

Selain memiliki perbedaan, terdapat pula persamaan antara intranet dan internet. Keduanya merupakan teknologi jaringan yang mendukung perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu profit, planet, dan people atau yang dikenal dengan sebutan tripple bottom line. Dalam keseharian, keduanya saling mendukung dan tak bisa dipisahkan, intranet untuk komunikasi internal yang sifatnya pribadi sedangkan internet untuk mencari informasi umum (global). Untuk memahami lebih lanjut mengenai persamaan intranet dan internet, mari kita simak seksama persamaan antara keduanya.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/mytripsmypics/5546278520/
  1. Intranet dan internet merupakan suatu teknologi jaringan, keduanya menggunakan teknologi Internet Protocol seperti TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) dan FTP (File Transfer Protocol) untuk mentransmisikan data, informasi dan lainnya dari satu komputer ke komputer lainnya.
  2. Intranet dan internet dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Komputer merupakan salah satu perangkat keras yang penting untuk jaringan intranet dan internet, ini artinya jaringan tidak akan berjalan jika tidak ada komputer. Komputer yang dimaksud bisa berupa PC, laptop, dan lainnya.
  3. Informasi dalam jaringan intranet dan internet dapat diakses dengan menggunakan web browser, akan tetapi dalam jaringan intranet informasinya hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki otoritas saja. Web browser intranet sama seperti web browser di internet seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.
  4. Salah satu aplikasi yang terdapat didalam jaringan intranet dan internet adalah instant messenger. Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui instant messenger yang ada dijaringan intranet, akan tetapi perangkat tersebut seperti Yahoo! Messenger atau Google Talk yang biasa kita gunakan dijaringan internet.
  5. Perangkat keras yang digunakan untuk jaringan intranet dan internet pun hampir semuanya sama, yaitu komputer, NIC (Network Interface Card), Kabel transmisi, konektor kabel, hub, bridge & switch, router, repeater, dan lainnya. Kesemuanya merupakan perangkat keras yang penting dan hampir selalu ada dikeduanya.
Pembahasan diatas adalah mengenai persamaan antara intranet dan internet, dari pemnahasan tersebut kita bisa mendapatkan lima kesamaan antara keduanya. Kalau ditelisik lebih dalam, banyaknya kesamaan antara keduanya itu wajar saja karena pada dasarnya intranet merupakan teknologi jaringan yang mengadopsi sistem internet.

Beberapa Persamaan Intranet dan Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

0 comments:

Post a Comment