Berbagi informasi seputar teknologi intranet, internet, dan teknologi jaringan lainnya.

Membahas Pengertian Intranet Serta Kegunaannya

iklan1

Sebelum membahas lebih jauh seputar pengertian intranet serta kegunaannya, apakah anda sebelumnya mengetahui apa itu intranet? Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui secara jelas apa itu intranet, padahal bisa jadi selama ini anda sudah pernah menggunakannya. Secara singkat intranet diartikan sebagai jaringan yang digunakan didalam ruangan, bisa dirumah, disekolah, dikantor, ataupun dimana saja dengan lingkup terbatas. Secara etimologi (tata bahasa) intra berarti didalam dan net atau network artinya jaringan. Untuk lebih jelas lagi, mari kita bahas pengertian intranet serta kegunaannya.

Model Intranet
Sumber Gambar : http://www.flickr.com/photos/42756093@N05/4302137515/

Apa Sih Sebenarnya Intranet Itu?

Situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia menulis bahwa intranet adalah jaringan antar beberapa komputer yang menggunakan teknologi Internet Protocol untuk berbagi informasi, mengoperasikan sistem dan layanan-layanan komputasi didalam sebuah organisasi. Umumnya, hal ini digunakan untuk kepentingan privasi dalam perusahaan seperti berbagi informasi rahasia internal perusahaan dan juga penyerahan tugas kepada karyawan.

Sebuah halaman situs populer About.com mendefinisikan intranet sebagai sebuah istilah yang umumnya digunakan untuk kumpulan jaringan beberapa komputer didalam suatu perusahaan. Intranet ini menggunakan teknologi jaringan agar dapat menfasilitasi komunikasi antara orang atau kelompok didalam suatu organisasi (perusahaan) tersebut guna berbagi data, pengetahuan, informasi dan lainnya yang bersifat privasi perusahaan.

Menurut situs Webopedia, intranet adalah sebuah jaringan yang menggunakan teknologi TCP/IP Protocol yang biasanya digunakan oleh suatu organisasi (perusahaan) yang hanya bisa diakses oleh anggota, karyawan, atau orang lain yang punya otoritas untuk mengaksesnya. Sama seperti internet, fungsi utama intranet adalah berbagi informasi kepada orang-orang sekitar. Keuntungan intranet adalah biaya pembuatan yang lebih murah.

Lalu, Apa Kegunaan Intranet?

Pada dasarnya teknologi intranet ini bisa digunakan dimana saja dengan ruang lingkup yang terbatas, baik di rumah, sekolah, ataupun kantor. Akan tetapi intranet ini akan bergunaan lebih jika digunakan oleh perusahaan atau institusi pemerintah. Dan inilah beberapa kegunaan intranet yang bisa dirasakan oleh perusahaan-perusahaan:
  • Media Komunikasi, intranet umumnya digunakan oleh perusahaan untuk media komunikasi yang bersifat rahasia dan juga pendelegasian tugas perusahaan. Intranet juga dinilai efektif dan efisien untuk komunikasi internal baik yang bersifat horizontal maupun vertical didalam sebuah perusahaan.
  • Efisiensi Waktu, salah satu alasan perusahaan menggunakan teknologi intranet adalah untuk meningkatkan efsiensi waktu didalam bekerja. Dewasa ini, efisiensi merupakan suatu keharusan didalam perusahaan guna meraih tujuan perusahaan, yaitu profit yang lebih besar. 
  • Produktivitas Kerja, tentunya teknologi intranet ini membuat setiap stakeholder perusahaan merasa lebih mudah menjalalankan aktivitasnya, hal ini berdampak positif pada peningkatan produktivitas kerja. Meningkatnya produktivitas kerja tentu akan berbanding lurus dengan profit yang dihasilkan.
  • Meningkatkan Kerjasama Tim, tujuan dibuatnya teknologi intranet didalam perusahaan atau institusi adalah untuk media komunikasi, ini dinilai akan berdampak positif bagi kerjasama tim didalam sebuah organisasi. Kerjasama tim yang baik akan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan.
  • Efisiensi Biaya, salah satu upaya yang ditempuh perusahaan untuk mencapai tujuannya yaitu penghematan. Teknologi intranet ini sangat memungkinkan untuk mendukung upaya tersebut karena biaya pembuatan yang lebih murah dibandingkan dengan pembuatan jaringan-jaringan pribadi lainnya.
  • Keseragaman Informasi, dengan menggunakan teknologi intranet berupa email ataupun mailing list internal perusahaan maka keseragaman informasi akan senantiasa terjaga. Hal ini meminimalisir kecendrungan terhadap miscommunication (salah paham) dan misunderstanding (salah pengertian).
  • Sistem Publikasi Berbasis Web, salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan dibuatnya teknologi intranet adalah terciptanya suatu sistem publikasi berbasis web, bisa website, situs, blog, maupun portal. Hal ini bisa digunakan sebagai media marketing bagi perusahaan guna membentuk image yang baik.
Nah itulah beberapa kegunaan dari teknologi intranet yang bisa dirasakan oleh suatu organisasi. Dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membangun jaringan private lain, tentu teknologi intranet ini menjadi opsi terbaik bagi perusahaan sebagai upaya penghematan. Meskipun demikian, intranet tetap memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Baca Juga Artikel : Manfaat Intranet Bagi Perusahaan

Jadi, intranet bukan merupakan teknologi baru, intranet telah ada sejak beberapa tahun lalu. Teknologi intranet banyak digunakan oleh perusahaan atau institusi karena dirasa banyak memberikan keuntungan seperti mempermudah komunikasi, efisiensi waktu dan biaya, serta efektivitas kinerja. Nah itulah pembahasan seputar pengertian intranet dan juga kegunaannya.

Membahas Pengertian Intranet Serta Kegunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Rahardjo

1 comments:

  1. Kami sedang memperkenalkan era baru dalam dunia intranet yang belum terlalu familiar di Indonesia. Di luar, konsep ini sudah populer digunakan. Konsep tersebut bernama Enterprise Social Network, revolusi penggunaan intranet dengan mengintegrasikan jejaring sosial dan alat-alat produktifitas perusahaan..

    Silakan kunjungi website kami https://lembarsocial.com dan bagaimana menurut anda..

    ReplyDelete